Sunday, February 12, 2012

MEMBUAT CHARGER AKI MOTOR SEDERHANA

Aki Motor Type MF
Kali ini penulis akan mengajak rekan bikers yang juga memiliki hobi bermain didunia "elektronik" untuk sedikit menggunakan keahlian imajinasinya dalam berkreasi. Bagi rekan yang tidak memiliki pengalaman kelistrikan tidak perlu khawatir, karena charger aki ini dapat dirakit dengan cara yang mudah, dan menggunakan komponen yang umumnya dapat ditemukan di toko-toko penjual komponen elektronik.

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya sedikit kita jabarkan pengertian dan fungsi aki itu sendiri. Pengertian accu / aki atau dalam bahasa kelistrikan disebut akumulator adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia. Fungsi aki adalah sebagai alat menyimpan sumber energi cadangan (listrik) yang di gunakan untuk menjalankan alat dari satu sistem kelistrikan pada kendaraan.

CDI Bagian Yang Vital
Beberapa motor dengan sistem kelistrikan Full DC sangat bergantung pada komponen yang satu ini. Untuk Honda CS1 standar menggunakan sistem kelistrikan AC, yang artinya lampu utama masih mengikuti putaran RPM  mesin. Namun untuk pengapian motor berCC 125 ini sudah mengaplikasi sistem DC, yang artinya bila aki berada pada voltase yang rendah otomatis pengapian motor akan terganggu. Contohnya motor susah di nyalakan, mogok atau sering tersendat-sendat sewaktu jalan, yang di karenakan CDI tidak bekerja optimal.

Bila memiliki aki yang sudah menurun voltasenya cepatlah di lepas, jangan tunggu hingga soak agar masih bisa di charge kembali. Cara membuat charger aki sederhana, charger ini bisa digunakan untuk mengisi ulang aki atau accu yang bervoltase 12V.

Charger Aki Sederhana

Bahan: (Lihat Foto)


1. Ballast Vossloh (DC) Merk BLT
2. Diode jembatan (4 kaki) 10A
3. Elco (Elektronik Kondensator) 25V 4700 micro farad
4. Led dengan resistor
5. Voltmeter
6. Terminal Kabel
7. Kabel listrik secukupnya
8. Steker
9. Isolasi listrik

Ballast Vossloh atau voslow dengan input 220V output 11.5V 4A, ballast ini memiliki keluaran berarus DC tetapi belum ada pemisah arus + (positif) dan - (negatif). Jadi harus menggunakan diode, umumnya disebut dioda jembatan 4 kaki. Di lanjutkan oleh elco sebagai penyetabil arus listrik, ditambahkan lagi dengan lampu led sebagai indikator arus listrik dan sebagai indikator voltase aki. Voltmeter tentunya digunakan sebagai alat ukur tingkat voltase pada tegangan masuk dan tegangan aki.

Skema Sederhana Charger Aki
Cara merakitnya Sambungkan steker dengan kabel listrik, setelah itu sambungkan kabel tersebut pada terminal input pada ballast. Umumnya terdapat tanda input dengan keterangan Primary 220V. Potong kabel kabel +/- 15Cm, sambungkan pada terminal output ballast umumnya tertulis dengan tanda Sekunder 11.5V 4.0A (Angka tergantung merk ballast). Lalu sambungkan dengan Dioda (in), setelah tersambung sediakan kabel (Ukuran menyesuaikan kebutuhan) dengan warna berbeda (Merah untuk +, Hitam untuk -). Sambungkan merah keoutput + dioda dan hitam ke - dioda (lihat gambar).

Pemasangan Dioda Jembatan
Langkah selanjutnya sambungkan elco 25V dengan farad (bila ada) diatas 4700 micro, minus di tandai oleh garis putih dengan tanda negatif di badan komponen tersebut. Setelah itu (bila ada) sambungkan lampu led, tentunya yang sudah ada resistornya. Siapkan terminal kabel (bila ada) sambungkan kabel merah untuk terminal positif, dan hitam untuk terminal negatif.

Catatan: Charger ini hanya untuk AKI Type MF (Maintenance free) Untuk bagian yang terbuka, agar lebih aman silahkan ditutupi dengan isolasi. Penyambungan pada dioda, lebih baik gunakan solder dan di tutupi kondom kabel atau solasi. Aki yang sudah berada di bawah 12.4V layak di charge. Lampu led bisa digunakan sebagai indikator. Bila led redup saat aki dan charger sudah tersambung maka aki tersebut kekurangan daya, dan apabila led tersebut menyala terang maka aki tersebut sudah penuh.

Pengetesan Charger Aki Sederhana
Pada charger aki yang penulis ulas ini, keluaran atau output voltase berada pada angka 15,3V. Pada pengetesan mencharge aki standar motor Honda CS1 bermerk Yuasa 3.5A milik salah satu anggota chapter Depok. Sebelum di charge berada pada angka 8V, cukup dengan waktu 4 jam aki tersebut sudah bisa normal kembali dengan voltase 12.8V.

Tambahan: Untuk lebih aman, tambahkan sekring 10A pada kabel positif. Gunakan kabel yang bagus untuk hasil yang maksimal. Indikator led bukan patokan tegangan voltase, gunakanlah voltmeter yang bagus untuk mengukur tegangan.

Selamat mencoba! Semoga bermanfaat, bila kurang jelas silahkan berikan komentar.

Bila aki motor anda sering tekor. Silahkan kunjungi blog di bawah ini.

33 comments:

  1. om, bedanya ballast dgn trafo apa?kelebihan dan kelemahannya?
    output aki 11 volt, perlu dilakukan penchargeran ga?
    total biaya untuk membeli semua komponen diatas brp duit?
    trims

    ReplyDelete
  2. Trafo buat tegangan AC atau bolak-balik. Di zoom ajah fotonya. kan ada kabel In dan Kabel Out.

    Kan sudah jelas ditulis. dibawah 12,4V wajib di charge.

    kurang lebih biayanya 170Rb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo buat aki basah bisa g om????

      Delete
  3. brpa semua biaya tu om??

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. pada prinsip dan sistem kerjanya pasti bisa, bahkan untuk accu basah pun dapat digunakan juga, rangakain tsb diatas bisa kita gunakan juga untuk emergency lamp.

      Delete
  5. Karateristik Trafo dan Ballast tidak jauh berbeda keduanya menghasilkan arus listrik bolak-balik [AC], bedanya ballast lebih stabil di bandingkan dgn trafo.

    Transformator (trafo) digunakan pada peralatan listrik terutama yang memerlukan perubahan atau penyesuaian besarnya tegangan bolak-balik, maka diperlukan transformator untuk mengubah tegangan listrik bolak-balik 220 volt menjadi tegangan listrik bolak-balik 12 volt.

    Fungsi utama dari ballast adalah membatasi besar arus dan mengoperasikan lampu pada karakteristik listrik yang sesuai.

    tambahin kalau sy kurang lengkap dan benar.

    ReplyDelete
  6. Thanks untuk info tambahannya mas bro.

    ReplyDelete
  7. apakah ada yang tau dimana beli cdi cs1 ori atau brt yang muarah..

    ReplyDelete
  8. kalo aki MF yg udah mati bisa di charger lg ga???

    ReplyDelete
  9. cdi brt murah gak ada. yang ada asli atau palsu. kalau mau murah yah second bro.

    - kalau sudah soak yah gak bisa bro

    ReplyDelete
  10. Gan Request buatin bs g,kira biayanya brp??
    ane masih takut banget kalo soal kelistrikan,,

    ReplyDelete
  11. bisa aja gan. mau beli gitu maksudnya gan?

    ReplyDelete
  12. pada intinya sih tetap bisa gan. namun masih terlalu besar. kasihan akinya karena bisa cepat merusak sel yang ada.

    ReplyDelete
  13. Ampere yang dikeluarkan berapa tu mz bro...

    ReplyDelete
  14. Cs1 itu pake aki apa kering apa basah yaa om?

    ReplyDelete
  15. Bisa kah instalasinya langsung digabung dengan instalasi pln yang sudah ada?

    ReplyDelete
  16. Kalau dikabel colokan ada tulisan 6A, 250V itu artinya kekuatan kabel+colokan itu cuma 6A, 250V ya?

    ReplyDelete
  17. Kalau bikin inverter pakai trafo yang (misalnya) 1A 220V.berarti daya maksimal yang dihasilkan inverter itu cuma 220 watt ya?

    ReplyDelete
  18. pak kalau Inverter apakah harus pakai accu?Bisa tidak di ganti batterai dan lain-lain

    ReplyDelete
  19. senang bertukar informasi dan eksperimen di dunia otomotif terimakasih pak atas atensinya

    ReplyDelete
  20. pak gimana caranya memasang boster pengisian aki pada motor saya honda kharisma 125D?

    ReplyDelete
  21. Maaf apa ada solusi buat aki kering yang sudah drop?jika ada bagaimana?

    ReplyDelete
  22. info yang bagus,terimakasih sudah share
    Sekalian nitip info tentang bagaimana menjadi konsumen yang baik dalam membeli keperluan kita di blog?

    ReplyDelete
  23. pak black plankton kalau booster diatas bisa dipasang untuk Honda Blade tidak?

    ReplyDelete
  24. trima kasih gan infonya..
    tapi masih bm ketmu ni cari ballast nya,,,

    ReplyDelete
  25. rangkaiannya kok g standar to gan.
    bs tolong di revisi dengan yg standar simbologi elektrik?

    tq

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Rangkaian diatas klo aki.penuh bs otomatis mati gak yah...???

    ReplyDelete
  28. terima kasih untuk info postingan blognya, ini sangat bermanfaat sekali untuk kami, apabila berminat untuk memulai usaha membuka bengkel / membutuhkan peralatan teknik, perkakas bengkel, las, safety Dll bisa hubungi kami di www.tokootomif.com .

    ReplyDelete

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA.
SARAN & PENDAPAT ANDA SANGAT BERHARGA BAGI KAMI.
KOMENTAR TIDAK BERBAU SUKU, AGAMA & RAS