Friday, April 8, 2011

REKOR TURING HONDA CS1 TEMPUH 4 NEGARA

HONDA CS1 JELAJAH NUSANTARA
(24/10/2008)

Bagi sebagian orang, mengendarai motor dalam jarak tempuh yang jauh mungkin sangat melelahkan. Namun tidak bagi Juaedi Arif yang akan menjelajahi wilayah Indonesia Timur dan 4 negara dengan Honda CS1 miliknya.

Touring yang menempuh jarak 75.000 km ini bukan yang pertama dilakoni Kang Jun, panggilan akrabnya. Sebelumnya, dia sudah menjelajahi 33 provinsi ditambah 10 negara Asia dalam waktu 7 bulan menggunakan Supra X 125. Namun ketika itu ia melakukannya atas inisiatif sendiri.

Kang Jun bersama deputy AHM Andy Haroko

Pada 2006, Astra Honda mensponsori touring tunggalnya bertajuk Honda Jelajah Negeri I dengan menggunakan model Vario. Etape pertama, Kang Jun menjelajahi Indonesia Barat, mulai di Jawa dan menelusuri seluruh Sumatra. Kemudian dengan motor yang sama perjalanan ia lanjutkan menelusuri Indonesia Timur.

Tahun ini, pria kelahiran 1969 tersebut kembali melakukan perjalanan serupa. Kali ini menggunakan model Honda CS1, Kang Jun menyambangi rute yang sama saat Honda Jelajah Negeri pertama dengan Vario. Perjalanan sejauh 12.800 km tersebut menghabiskan waktu 1 bulan 3 minggu dan berakhir satu minggu sebelum lebaran Oktober lalu. Rute yang ditempuh yaitu Bandung, Jakarta, Lampung, Palembang, Bangka, Jambi, Batan, Pekanbaru, Medan, Aceh, kembali melalui Padang, Bengkulu, Lampung dan berakhir di Bandung. Saat di Aceh Kang Jun sampai menyentuh Tugu 0 km di Sabang. Untuk bahan bakar, Kang Jun mengaku menghabiskan dana sekira Rp7 juta.

Saat perjalanan, berbagai pengalaman menarik terjadi. Sebut saja binatang buas yang kerap menghampirinya di jalur lintas Sumatra, bertemu dengan makhluk halus di hutan, sampai motornya ditabrak dengan orang bersenjata otomatis dari belakang di Meulaboh Aceh. Namun semuanya dia hadapi dengan tenang dan tanpa halangan.

Kini, Honda Jelajah Negeri jilid ke-4 atau etape kedua menggunakan Honda CS1 ia mulai lagi dengan menempuh rute sepanjang Indonesia Timur. Pria kelahiran Jambi dan bermukim di Bandung ini akan menempuh jarak 75.000 km melalui Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bali, NTB, NTT, Ambon, Papua, Sulawesi Utara, Tengah, Tenggara, Kalimantan Timur, Selatan, Tengah, serta menyambangi 4 negara Asia Tenggara, di antaranya negara bagian Kuching Malaysia dan Brunei Darussalam. Diperkirakan perjalanan ini akan diselesaikan dalam waktu 4 bulan.

Kang Jun

Saat bercengkrama dengan okezone sebelum pelepasan di Astra Honda Motor Dewi Sartika Jakarta Timur, Jum'at (24/10/2008), Kang Jun mengaku tak melakukan persiapan khusus. Semua nampak biasa saja. Maklumlah, mungkin ini perjalanan yang sudah biasa baginya. Perjalanan pulang balik Jambi-Bandung pun sudah biasa ia lakoni. Hanya saja, dia mengganti bannya dengan jenis tubeless. Menurutnya menempuh perjalanan jauh kondisi ban harus prima dan tangguh. Di balik bodi tangki, ia pasangkan speaker untuk sekedar melepas jenuh dengan mendengar musik yang bersumber dari MP3 telepon selulernya. Melalui speaker tersebut, ia juga bisa menerima telepon tanpa harus berhenti. Tak teringgal perangkat global positioning system (GPS) di atas tangki sebagai penunjuk jalannya. Untuk mendukung kelistrikan, Kang Jun mengganti baterai motor standar, dengan kapasitas 5 Ampere. Kang Jun juga menambahkan 3 box (kiri kanan dan belakang tengah untuk menyimpan segala kebutuhannya.

Menanggapi hobinya ini, bapak dengan tiga anak tersebut mengaku pernah dianggap gila oleh keluarganya. Namun perlahan keluarga bisa menerima aktivitasnya. Kang Jun pun tak tahu kapan dia akan berhenti dari kebiasaannya itu. Namun ia memiliki cita-cita, pergi ke tanah suci Mekah dengan sepeda motor.

No comments:

Post a Comment

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA.
SARAN & PENDAPAT ANDA SANGAT BERHARGA BAGI KAMI.
KOMENTAR TIDAK BERBAU SUKU, AGAMA & RAS