Mas bro & sist tahu kah anda bahwa tekhnik menikung secara internasional itu ada tiga lho. Kalau yang belum tahu silahkan baca, tapi setelah baca tolong diberitahukan kepada kawan-kawan yang lain yah. Agar kita selalu berada pada posisi yang aman pada saat berkendara. Keep Safety Riding My Brother and Sister.
(tekhnik menikung yang paling cocok untuk para bikers mania)
Menikung sesuai postur tubuh bisa dibedakan menjadi 3 jenis:
1. Lean In: Kondisi motor cenderung tetap tegak dengan kondisi postur tubuh cenderung ke arah menikung.
2. Lean Out: Pstur tubuh cenderung tetap tegak dengan kondisi motor cenderung rebah ke arah menikung.
3. Lean With The Bike: Postur tubuh mengikuti kemiringan sepeda motor.
Lean in biasanya di aplikasikan di arena balap motor road race/moto gp, saat menikung dengan kecepatan tinggi. Hal itu untuk mengimbangi gaya sentrifugal yang bisa "melempar" sepeda motor keluar tikungan dan harus diimbangi dengan badan yang derebahkan.
Lean out biasanya diterapkan dalam arena balap motorcross. Sedangkan untuk berkendara di jalan raya, dianjurkan menggunakan lean with the bike.
Hal hal yang harus diperhatikan seorang pengendara saat akan menikung:
1. Sebelum memasuki tikungan lakukan pengereman / kurangi kecepatan. Jangan melakukan pengereman di saat menikung.
2. Kemiringan tubuh mengikuti kemiringan motor, usahaka posisi kepala sebagai pusat keseimbangan tetap tegak lurus terhadap jalan.
3.Arah pandangan mata menuju titik yang akan dituju, bukan melihat kedepan seperti kondisi normal berjalan lurus.
4. Hal lain yang harus diperhatikan seperti halnya berkendara normal adalah kondisi lingkungan dan kondisi motor, seperti permukaan jalan, cuaca, pengguna jalan lain dan kondisi ban.
Bagi mas bro & sist yang belum fasih berkendara dijalan raya, penting untuk mengetahui dan melatih tekhnik menikung. Tapi lakukanlah ditempat khusus yang tertutup untuk umum seperti sirkuit atau lapangan yang beraspal. Jangan berlatih dijalan raya. Dan jangan lupa gunakan safety gear saat latihan untuk meminimalisir resiko apabila "batas"nya terlewati dan mengalami kecelakaan. Selamat berlatih yah. Keep Safety Riding.
Hendra Wibowo
TNG 015
Mantaf infonya, gan
ReplyDeleteSaya klo mnikung helm saya menyentuh aspal......ad yg bisa.......
ReplyDeletehahaha... Saya kenal dengan kata2 itu.hahaha... Saya kenal dengan kata2 itu.
ReplyDeletepengen bisa nikung kaya gitu knee down, kok ngga bisa2 ya ???
ReplyDeleteKeliatan simpel tapi sangat sulit
ReplyDeleteKeliatan simpel tapi sangat sulit
ReplyDelete