Friday, August 5, 2011

HONDA BLADE NEW 2011



Motor Honda Blade generasi terbaru telah diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) hari ini 28 Juli 2011 di JCC. Honda Blade terbaru ini merupakan pengganti Honda Blade lama. Desain Honda Blade ini terinspirasi dari MotoGP seperti dikatakan Presiden Direktur PT AHM Yusuke Hori pada peluncurannya. Yang istimewa dalam peluncuran kali ini adalah Indonesia menjadi negara pertama yang mendapat kesempatan melihat motor ini. Mr Kenji Kawaguchi President of Honda R&D South East Asia Co. Ltd juga mengatakan bahwa Indonesia merupakan pasar yang besar dan vital di Asia Tenggara. Di masa depan tidak tertutup kemungkinan Indonesia menjadi tempat pertama peluncuran motor.

Berikut adalah beberapa perubahan pada Honda Blade generasi terbaru ini:
  • Rem cakram depan belakang (double disk brake seperti pada Supra X CW).
  • Kapasitas bagasi 7 liter (lebih besar dari sebelumnya).
  • Polygonal muffler bergaya sporti dengan pelindung panas berbasis krom.
  • Desain baru lampu belakang yang lebih agresif dan tajam.
  • Automatic Headlight On (AHO).
  • Desain lampu sein modern.
  • Logo One Heart dan Satu Hati pada body samping (khusus pada striping Repsol Special Edition).
  • Mesin dilengkapi teknologi anyar HVIC (Honda Variable Ignition Control Technology).



Honda Blade baru ini memiliki 5 pilihan warna:
  • Repsol Special Edition
  • Victory Red
  • Dominate Black
  • Superior Black
  • Accelera Green
Perbedaan yang sangat mencolok dari New Honda Blade ini adalah posisi lampu utama. Kalau Honda Blade versi lama, lampu utama bersebelahan dengan lampu sein dan terletak dibawah. Sedangkan New Honda Blade lampu utama terletak diatas (setang) berpisah dengan lampu sein yang tetap berada dibawah. Lampu sein dibuat dibuat memanjang beraksen futuristik juga dilengkapi denganinner lens. Hal ini membuat cahaya lampu sein menjadi lebih jelas dan mudah terlihat.
Kesan sport New Honda Blade sangat terasa saat dilihat dari depan dipadu dengan sudit lancipdan juga lekukan lebih keatas yang tajam pada tameng. Desain ini benar-benar mengesankan bahwa bebek handal dengan mesin 110 cc ini memimili permorma yang garang. Bagian sporty lainnya terdapat pada knalpot dengan model supersport. Selain itu knalpot New Honda Blade ini menggunakan muffler baru plus pelindung anti panas berlapir krom.

Sumber usai melakukan testride mengatakan ketika digeber suara yang dihasilkan lebih garing dari Honda Blade versi lama. Begitu juga saat menutup gas, raung mesin lebih nyaring, bener-bener keren. Tipikal suaraseperti ini tentu lebih disukai anak-anak muda yang suka balap motor. Bagasi lebih luas berkapasitas 7 liter.

Saat dipakai ngebut, New Honda Blade tidak mengkhawatirkan pengendaranya. Bahkan berani mengambil titik rem lebih dekat dengan sebelum menikung. Hal initidak lain karena New Honda Blade menggunakan rek cakram pada bagian depan dan juga remcakram belakang. Hal ini tentu tidak dipungkiri lebih pakem daripada model tromol. Pijakan kaki dirancang fleksibel seperti pada motor-motor sport. Model lampu belakang juga baru, dipadu dengan pegangan yang fungsional.

Meskipun mesin New Honda Blademasih sama seperti versi sebelumnya yaitu mesin EFT 4 tak 110cc SOHC, namun performayang dirasakan tim testride Kompas terasa lebih galak saat menjajal lintasan khusus untuk handling dan akselerasi. Bedanyajantung pacu New Honda Blade ini disempurnakan dengan teknologi Honda Variable Ignition Control alias HVIC. Proses pengapian lebih efisien, lebih bertenaga pada tarikan, namun diklain tetap hemat dalam konsumsi bahan bakar.





Spesifikasi New Honda Blade 110R 2011

*. Mesin: tipe 4 langkah, SOHC, pendingin dengan udara
*. Diameter x langkah: 50 x 55.6 mm
*. Daya maksimum: 8.4 PS / 7500 rpm
*. Volume langkah: 109.1 cc
*. Kompresi: perbandingan 9,0 : 1
*. Torsi maksimum:0.83 kgf.m / 5500 rpm
*. Kopling: Jenis kopling ganda, otomatis, sentrifugal, dan basah
*. Starter: kick starter dan elektrik starter
*. Tipe Busi: ND U20EPR9 atau NGKCPR6EA-9
*. Kapasitas oli: 0.8 liter pada penggantian rutin
*. Kapasitas tangki maksimal: 3.7 liter
*. Kapasitas bagasi maksmimal : 7 kg
*. Dimensi :1.898 (panjang) x 709 (lebar)x 1080 mm (tinggi)
*. Transmsi: 4 kecepatan
*. Pola pengoperan gigi: N-1-2-3-4-N
*. Berat kendaraab kosong:104 kg
*. Jarak sumbu roda:1.227 mm
*. Jarak terendah:135 mm
*. Suspensi belakang: tipe lengan ayun dan peredam kejut ganda
*. Rangka: tipe tulang punggung
*. Suspensi depan: tipe teleskopik
*. Ban belakang: ukuran 80/90 – 17 M/C 44P
*. Ban depan: ukuran 70/90 – 17 M/C 38P
*. Rem belakang dan belakang : Cakram hidrolik piston tunggal

Sumber : Honda

No comments:

Post a Comment

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA.
SARAN & PENDAPAT ANDA SANGAT BERHARGA BAGI KAMI.
KOMENTAR TIDAK BERBAU SUKU, AGAMA & RAS