Sunday, September 25, 2011

CARA AMAN MENYALIP KENDARAAN

Sobat cysers pasti pernah lihat di jalan ada seseorang yang mengendarai motor dengan cara yang biasa kami sebut "ugal -ugalan" kan? Memang secara naluri kita pasti berkata bahwa "tuh orang cari mati yah" "tuh orang naik motor kaya setan" "tuh manusia apa kambing yah, gak tau aturan di jalan" dan lain sebagainya. Memang ada kalanya kita "butuh" hal yang hampir sama seperti itu.


Salah satu tanda yang umum digunakan oleh anggota klub motor


Kalau penulis sendiri sih lebih nikmat bila naik motor dengan cara konstan atau stabil, dalam arti saat kita di jalan memang penuh rintangan dan halangan yang ada. Entahlah itu dari lawan jalan, mobil, truk, penyebrang jalan atau jalan yang rusak dan berlubang. Jadi penulis lebih menyukai untuk menikmati perjalanan dengan santai tapi pasti. Toh buat apa menarik gas sampai keluar urat, kalau tujuan kita itu tidak pergi kemana mana.

Dari banyak analisa dan pengalaman yang penulis alami sendiri di jalan, berikut akan penulis berikan point point dasar cara menyalip kendaraan lain.

  • Jangan menyalip dengan cara zig zag. mengapa, pastinya sobat cysers sudah bisa menalar penjelasan dari kalimat itu bukan. Dengan pengalan yang tinggi pun sangat tidak dianjurkan untuk menyalip nyalip dengan cara ini, Ingat mas bro "TIDAK SEMUA PENGGUNA JALAN ITU ADALAH ORANG YANG BIJAK"
  • Pastikan kondisi aman. Sobat cysers pasti saat sebelum menyalip akan memeriksa keadaan jalan, apakah ada jalan berlubang, kendaraan lain dari arah berlawanan, dan lain sebagainya
  • Pastikan kondisi kendaraan siap. Perhitungan yang matang dan jarak yang akan di tempuh pastinya akan berpengaruh saat sobat menyalip kendaraan lain. Berbeda kendaraan pasti berbeda cara kita untuk mendahuluinya. Intinya kita harus lebih kencang, lebih bertenaga dan sudah punya perhitungan matang.
  • Berikan tanda ke kendaraan yang akan di salip. Berikanlah klakson, nyalakan lampu sein, mainkan lampu jauh adalah senjata yang cukup ampuh untuk memberitahukan kepada kendaraan yang akan kita dahului.
  • Menyalip atau mendahului itu bisa di artikan menurut kamus lalu lintas adalah kendaraan yang berpindah lokasi dengan cara mengambil posisi kendaraan lain dengan mempercepat kecepatan kendaraan itu sendiri. 
Tips lainnya :
  • Gunakan klakson untuk menyalip kendaraan didepan kita
  • Gunakan selalu lampu sein agar kendaraan di belakang kita mengetahui maksud kita
  • Gunakan lampu jauh apabila ada kendaraan dari lawan arah yang akan mengambil jalur kita
  • Jangan menggeber geber gas saat ingin menyalip (untuk menjaga citra kenyaman)
  • Untuk menyalip kendaraan yang lebih besar, butuh kesabaran yang lebih, karena klakson standart kendaraan kita tidak akan selalu terdengar oleh kendaraan lain.
  • Selalu patuhi peraturan lalu lintas yang berlaku, karena di beberapa jalan ada yang melarang kita untuk menyalip. Contoh : jalan berkelok - kelok, jalan sedang di perbaiki dan lain sebagainya.
  • Jangan lupa berdoa sebelum melakukan perjalanan yah.
Semoga bermanfaat.
Keep safety riding

Baca juga : Jarak aman berkendara

Hendra Wibowo
TNG 015

No comments:

Post a Comment

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA.
SARAN & PENDAPAT ANDA SANGAT BERHARGA BAGI KAMI.
KOMENTAR TIDAK BERBAU SUKU, AGAMA & RAS