Bedah Mesin |
- : 1.923 x 682 x 1.042 mm
- : 1.251 mm
- : 130 mm
- : 114 kg
- : Twin Tube Frame
- : Teleskopik
- : Tunggal ( Monoshock )
- : 70/90 - 17 M/C 38P
- : 80/90 - 17 M/C 44P
- : Cakram hidrolik dengan piston ganda
- : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
- : 4,1 liter Saat Raise bisa mencapai 4,4 liter
- : 4 langkah, OHC, pendingin radiator
- : 58 x 47,2 mm
- : 124,7 cc
- : 10,7 : 1
- : 12,8 PS / 10.000 rpm
- : 1.04 kgf.m / 7500 rpm
- : 1,0 liter pada penggantian periodik
- : Manual. multiplate wet clutch
- : 5 kecepatan
- : 1-N-2-3-4-5
- : Electrik Starter & Kick Starter
- : MF, 12 V - 3,5 A.h
- : ND U24ESR-N / NGK CR8E
- : DC - CDI
- Headlamp : Bulb 18/18W 12V
- Lampu Rem : Senja 5W / Rem 18W
- Lampu Senja : 5W
- Lampu Sein : 10W
Tambahan nieh brother dan sister semua, baca juga jenis olinya Wet clutch / dry clutch alias kopling basah atau kopling kering. Kopling basah biasanya untuk Mesin-mesin kecil, nah kalau kering biasanya untuk jenis mesin besar.
Service motor bukan tentang bengkelnya, tetapi mekaniknya. |
Sumber: www.astra-honda.com
Rekomendasi BBM untuk CS-1 Adalah: Pertamax Plus atau BBM dengan Oktan 95. Begini bunyinya: Premium dirancang untuk mesin kendaraan yang memiliki nilai kompresi 71 hingga 91, pertamax kompresi diatas 91 hingga 101, dan pertamax plus kompresi di atas 101 hingga 111. Sebaliknya, jika mesin kendaraan yang memiliki kompresi rendah diisi dengan bahan bakar beroktan tinggi, juga tidak ada pengaruh yang terlalu signifikan.
Bahkan bensin yang gagal terbakar akibat nilai oktannya terlalu tinggi, bisa menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar atau di klep.Oleh karena itu, performa mesin yang maksimal adalah ketika dapur pacu diisi dengan bahan bakar yang memiliki nilai oktan sesuai.
Bahkan bensin yang gagal terbakar akibat nilai oktannya terlalu tinggi, bisa menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar atau di klep.Oleh karena itu, performa mesin yang maksimal adalah ketika dapur pacu diisi dengan bahan bakar yang memiliki nilai oktan sesuai.
Ringkasnya saja:
88: 7,1 s/d 9,1 = Premium
92: 9,1 s/d 10,1 = Pertamax
95: 10,1 s/d 11,1 = Pertamax Plus
Jadi jika CS1 anda mau selalu dalam keadaan prima dan sehat gunakanlah BBM dengan oktan 95.
Sumber: Pertamina
Rekomendasi Pemakaian busi untuk Honda CS1 adalah:
TECHNICAL INFORMATION NGK BUSI | |||
Busi adalah komponen kecil tetapi memainkan peranan besar dalam setiap mesin bakar. Tanpa busi, mesin tidak dapat dihidupkan. Fungsi busi ialah menyalakan campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran, menghantarkan panas keluar dari ruang pembakaran dan menutup lubang di kepala silinder agar gas pembakaran tidak bocor | |||
Apabila mesin mogok, jangan langsung menyalahkan busi, mengingat fungsi busi hanya mengeluarkan percikan api dan memindahkan panas keluar dari ruang pembakaran. Selain itu busi berperan juga sebagai jendela dan memberi petunjuk tentang kondisi mesin. Ibarat thermometer dipakai dokter, mekanik dapat mendiagnosis gejala dan kondisi mesin. Mekanik yang berpengalaman dapat menganalisa gejala-gejala tersebut dan menemukan akar permasalahan mesin. Busi sering dijadikan kambing hitam dan dibuang sebelum "life time"nya berakhir. Padahal usia busi untuk kendaraan roda dua rata - rata 5.000 km dan untuk roda empat rata-rata 10.000 km - 15.000 km. Rekomendasi untuk pemakaian busi CS-1 anda kode: CR8E, CR8EGP, CR8EAGP G-POWER, IU27A. U24ESR-N Sumber: http://www.ngkbusi.com/profile.php?go=product&show=technical_info
Mesin Diameter x Langkah : 58mm x 47,2mm Sistem Penggerak Sistem Kopling : Basah Multiplate Indikator Garis Suhu Radiator... 0 - 1 : 0 - 53,3 Celcius
Kapasitas cairan pendingin
Bagaimana Cara Kerja Radiator? Klik Disini Karburator.
•kapasitas : 12V - 3,5 Ah •kebocoran arus : maksimum 0,1 mA •voltase penuh : 13 - 13,2 Volt •perlu di charge : di bawah 12,4 Volt Arus pengisian •normal : 0,4 A x 5-10jam •cepat : 3 A x 30menit Alternator •Kapasitas : 106 kWatt / 5000 rpm •Tahanan kumparan pengisian : 0,2 - 1,2 ohm •Tahanan kumparan lampu depan : 0,05 - 1 ohm Voltase yang diatur regulator/rectifier : 12,6 - 13,6 Volt / 5000rpm Semoga bisa membantu. |
mantap infonya gan....
ReplyDeletePermisi boss, kl pake oli 10w30 apa nggak ke enceran, apa lagi suhu CS1 cenderung panas, ditambah suhu lingkungan tropis yang panas plus macetnya jakartadi sinyalir semakin berat kinerja mesin dengan oli 10w30
ReplyDelete10w30 itu.. suhu dingin 10 suhu tinggi 30.. justru ini paling kentel
DeleteCS1 generasi awal direkomendasikan pakai oli SAE 20w - 50
DeleteBaca infonya di website AHM donk. sejak AHM mengeluarkan OLI MPX & SPX Honda CS1 di golongkan untuk menggunakan OLI dengan SAE 10W 30. Tapi bagi yang ingin tetap mengunakan 20W 50, toh tidak dilarang mas bro. Monggo silahkan dipilih mana yang menurut mas bro baik.
ReplyDeleteinfonya sangat sangat dan sangat bermanfa'at.
ReplyDeleteOiya mas bro,contact personnya dong,ane pengen gabung di hcsti
wah kasian juga dong cs1 ane dicekokin premium mulu gan
ReplyDeletekatanya tmen ane kalo kompresi 10 : 1 gitu masih isa premium, ternyata salah ya
mkasih gan atas infonya
yang ane baca di website pertamina nih gan, oktan 95 di gunakan untuk kendaraan yang memiliki ratio kompresi > 10,5 atau yang menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI), Variable Valve Timing Intelligent (VVTI), (VTI), Turbochargers dan catalytic converters itu mobil, jadi kalo motor yang bermesin injection atau PGM-FI.
ReplyDeletesumber http://www.pertamina.com/index.php/detail/read/special-fuel-pertamax-plus
bro, kok speedometer cs1 aye redup ya, padahal aki dah ganti baru.
ReplyDeletecara benerinnya gimana???
lo ada modif yg menggunakan kelistrikan ga? copot kalo ada..
Deletetanya ya..bagaimana kalau sudah terlanjur pakai MPX3 800ml, apakah akan bermasalah?
ReplyDeleteSaya terlanjur beli SPX1 tp kapasitas 800ml utk CS1,gmn tuh?,thank's.
ReplyDeleteSaya terlanjur beli SPX1 tp kapasitas 800ml utk CS1,gmn tuh?,thank's.
ReplyDeleteAama, karena stok 1 lt udah habis dan oli di tanki nya udah di keluarin... kira2 gmn?
DeleteKalo pakai oli 20/50 cs1 bagaimana ya broo
ReplyDeleteYa joz juga
DeleteHonda cs1 saya masih bisa Daytona Ignimax 3392 apakah Aman buat kelistrikan masih?
ReplyDeleteHonda cs1 saya pasang busi Daytona Ignimax 3392 apakah Aman buat mesin?
ReplyDeleteSebetulnya, oli rekomendasi untuk CS1 ini Sae berapa ya suhu?
ReplyDeleteSaya pakai prima xp
DeleteSaya orang 62 thn punya banyak memory dgn motor2 tua ( c70, S90, Binter Merzy, CB 100, GL dll motor tua) semenjak pandemic Covid19 saya jadi berpikir tua karna teringat motor2 tua yg awet pada jamannya dan saya beralih ke Mesran super, pernah juga diminumin SPX1 tapi karna susah dipasaran ( walau didealer besarnya sekalipun) saya beralih ke Mesran Enduro ditahun 2017, dithn 2019 karna gajih dibayar cuman setengah saya putuskan beralih ke Mesran super sampai sekarang untuk 2 units Cessy ku. Mudah2an tidak bermasalah walau si Cessy yg motor bekas udah melayani dari thn 2013
ReplyDeleteMau tanya min jika di ganti karbu pe 26 setelan pj mj nya berapa ya?
ReplyDeleteThank You and I have a nifty proposal: How Often Renovate House whole house renovation
ReplyDelete