Thursday, November 10, 2011

TIPS MENAMBAH PAKEM REM DISC


Rem Disc Honda CS1
Banyak dari postingan kecil di facebook atau pun wacana saat kopdar bareng bersama cysers, yang mengeluhkan atau pun mencari cara agar sistem pengereman disc belakang untuk Honda CS1 lebih pakem atau lebih mengigit dengan aspal. Mungkin saja bila di telaah lebih dalam kita akan menemui jawabannya, berikut ini beberapa tips agar pengereman motor anda bisa lebih diandalkan.

- Rumah kaliper, pastikan rumah kaliper bersih, karena sistem mekanis yang dianut rem disc adalah sepenuhnya gaya mekanis. Bila kaliper kotor atau seret sudah tentu akan menghambat laju gerak kaliper pada rumah kaliper untuk menekan brake pad atau kampas rem pada piringan rem.

- Kampas rem, gunakan kampas rem original, Selain karena lebih presisi dengan dudukan kampas rem, kampas rem original juga anti asbes (salah satu bahan yang dilarang pemerintah untuk digunakan di kampas rem) lebih awet, dan lebih teruji kualitasnya. Bila sudah tipis, jangan tunggu sampai habis. Agar rem selalu bisa digunakan saat berkendara.

Disc CS1 yang rusak
- Disc, bersihkan secara periodik piringan cakram atau disc brake, Karena bila terlalu kotor jelas akan menambah beban rem dalam bekerja dan juga akan menghambat pelepasan panas pada piringan cakram itu sendiri. Hal ini akan melemahkan daya pengereman bila disc terlalu panas. Perhatikan juga ketebalan disc, bila sudah tipis silahkan cepat diganti agar pengereman masih bisa bekerja dengan baik.

- Minyak rem, cek direservoir minyak rem, bila kurang silahkan ditambah menurut batasannya atau bila perlu ganti dengan minyak rem yang lebih bagus, contohnya minyak rem jenis DOT 4. DOT (Departement Of Transportation) Lebih tahan panas (185 derajat), tahan air dan memang dikhususkan untuk pengereman maksimal.

- Ban, Penggunaan ban yang tepat guna juga akan memberikan pengaruh besar terhadap gaya gesek dan gaya inersia ban pada aspal. Pilihlah lebar ban dan tekhnology ban yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Sedikit tips dari hasil ekskavasi Honda CS1.
Per Rem.

Per Rem Honda CS1

Parts seharga sebungkus rokok ini memang bisa dibilang "penting gak penting" fungsinya. Menurut salah satu mekanik handal di Ahass SMS Tangerang, "fungsinya hanya agar tuas rem kaki mudah atau cepat kembali ke posisi semula saja" Singkat jawaban mas Nanang. Bila menginginkan agar pengereman Honda CS1 anda lebih pakem silahkan lepaskan parts yang satu ini. Caranya pun tidak begitu sulit, hanya butuh kunci pas dan tang sebagai penjepit.


foto saat per rem masih terpasang ditempatnya

foto saat per rem sudah dilepas dari dudukannya
Cara melepas onderdil yang satu ini, mungkin tidak perlu dijelaskan lebih jauh, karena menurut penulis hal ini terlalu mudah untuk digambarkan. Bila brother atau sister masih ragu, mungkin bisa minta tolong kebengkel rekanan atau langganan kepercayaan anda untuk menanggalkan onderdil ini.

Bila anda sudah berhasil melepas "per rem" tersebut, jangan lupa untuk sekedar mencoba terlebih dahulu atau penyesuaian ulang kepakeman rem belakang motor anda. Karena disaat anda menggunakan dan tidak menggunakan parts yang satu ini, pasti anda akan merasakan perbedaan yang signifikan. Disarankan agar mengetest Rem belakang tidak terlalu ekstrim, karena akan membuat disc anda mengunci putaran ban belakang.

Selamat mencoba.

Baca juga : Mekanisme Rem

BILA ANDA MEMILIKI TIPS SEPUTAR HONDA CS1

5 comments:

  1. thanx tips nya sangat membantu (y)

    ReplyDelete
  2. Apakah setelah per rem di lepas pas kita injak tuas rem nya bisa berbalik lagi tar malah ngrem terus gak balik lagi

    ReplyDelete
  3. Apakah setelah per rem di lepas pas kita injak tuas rem nya bisa berbalik lagi tar malah ngrem terus gak balik lagi

    ReplyDelete
  4. lebih baik per rem dipasang saja. karna bisa bahaya ntar kalo tuas rem nyangkut gk balik ke atas.

    ReplyDelete

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA.
SARAN & PENDAPAT ANDA SANGAT BERHARGA BAGI KAMI.
KOMENTAR TIDAK BERBAU SUKU, AGAMA & RAS