Saturday, February 4, 2012

TIPS AMAN MENINGGIKAN MONOSHOCK

Suspensi Tunggal
Banyak dari kalangan pembesut motor bersuspensi Monoshock yang merasa kurang puas dengan penampilan motor "Standar" nya. Dalam artikel ini akan penulis sedikit jabarkan pengembangan inovasi "Cara Meninggikan Suspensi Tunggal" tentunya pada motor Honda CS1. Berbagai cara pernah dilakukan beberapa rider CS1, mengelas, ganti shock, ganti arm sampai tambah anting dudukan shock.

Penulis telah melakukan observasi dengan menjajal satu per satu kelebihan dan kekurangan dari berbagai cara diatas. Tentunya dengan beberapa point netral seperti akslerasi, kenyamanan dan stabilitas. Penilaian bisa berbeda tergantung tujuan dari ubahan spek pada motor masing - masing individu. Jadi penulis tidak akan menjelaskan lebih lanjut bagaimana hasil dari obserasi tersebut.

Arm Honda Cs1
Cara yang ditawarkan berikut ini terbilang sedikit berbeda dengan hasil yang pernah dipelajari dan di amati oleh penulis, maka itu penulis merangkumnya dengan catatan dan di blog ini. Dengan tujuan menambah informasi tentang cara meninggikan shockbreaker yang menurut penulis Akselerasi tidak terlalu terganggu, kenyamanan tetap baik karena ayunan shock tetap terjaga dan stabilitas tetap terkontrol dengan baik.

Potong Dudukan Shock
Penulis melakukan ubahan ini di bengkel Bubut "Sinar Mulya" di bilangan Cilodong, Depok, Jawa Barat. Karena bengkel ini sudah 5 kali melakukan hal serupa pada Honda CS1, jadi penulis akan lebih mempercayainya apalagi hal ini dilakukan pertama kali lebih dari setahun silam. Pertama - tama lepaskan arm, potong dudukan shock (lihat tanda panah) tentunya ini adalah dudukan shock bagian bawah.

Setelah terpotong ukur hingga rata dan sama, penulis menggunakan ukuran -1 Cm dari aslinya. Setelah sama dan rata pasang kembali dengan presisi dan las ulang, di bengkel ini penulis menggunakan kualitas las listrik yang hampir sama dengan pabrikan. Untuk tetap menjaga kualitas dan mencegah keraguan.

Dudukan Shock Bagian Bawah
Setelah selesai dengan tahap ini, pasang kembali arm tersebut. Berikutnya adalah mengukur standar ganda atau standar tengah untuk ditinggikan, agar motor tetap bisa terparkir nyaman dan standar tidak bergantung pastinya.

Agar tetap mudah untuk digunakan nantinya, potong dan beri tambahan besi pada bagian tengah standar. Jangan dibagian bawah standar, bila sudah dilakukan jangan lupa bila ingin mencoba terlebih dahulu. Bila ingin di cat sekaligus lebih baik, untuk menutupi hasil las.

Jarak Antara Roda dan Spakbor
Catatan : Dengan potongan hanya 1 Cm pada dudukan suspensi bagian bawah akan menghasilkan +/- 2,9 Cm pada jarak ukur tepi pelek ban belakang sampai spakbor. Dengan jarak yang diukur oleh garis tegak lurus dari tepi pelek sampai titik menyentuh spakbor (Lihat garis pada foto) hasilnya adalah 18,2 Cm dengan perbandingan awal 15,3 Cm.

Dengan berubahnya jarak antara tepian pelek dan spakbor, cukup puas bila di tes ketangguhan suspensi dalam melahap getaran pada jalan yang "kurang rata". Saat di lakukan manuver pun tetap stabil, walaupun kurang dapat merebah.

Tetapi bila dibandingkan dengan las yang menggunakan tambahan plat, cara ini di nilai penulis lebih jauh lebih nyaman. Apalagi bila digunakan jarak jauh dengan beban yang berat pun tidak perlu ragu. Untuk biaya, penulis hanya membayar Rp.115.000 untuk semua jasa memodif shock ini.

Berikut contoh meninggikan monoshock yang kurang aman. Beberapa catatan dengan cara penambahan plat, anting yang beresiko patah saat dijalan. (Silahkan klik pada foto untuk memperbesar)


Patah Akibat +an Anting
Contoh + Anting Di Atas



Hati - Hati Dengan Membran bensin
Contoh + Anting Di Bawah

11 comments:

  1. Boleh minta alamat bengkel nya masbro? Makasih

    ReplyDelete
  2. idem bro, minta alamat bengkelnya dong :D

    ReplyDelete
  3. Jln Pondok Rajeg - Kampung Sawah - Cibinong - Bogor, dekat perbatsan Depok/Grand Depok City (Samping SPBE)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nomor yg bisa di hubungi ?

      Delete
  4. kalo misalkan saya kesitu, bilangnya gimana ya?
    mau ninggiin honda cs1 saya, begitukah?

    ReplyDelete
  5. bisa minta nomor telpon bengkelnya bro??

    ReplyDelete
  6. langsung datang kebengkel itu ajah mas bro.

    ReplyDelete
  7. itu biaya segitu tinggal terima jadi atau ada biaya lain2 nya ya? trus kira2 pengerjaan brp lama? mksh

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. lah ini mah bengkel bubutnya deket rumah gua wkwk 😂

    ReplyDelete

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA.
SARAN & PENDAPAT ANDA SANGAT BERHARGA BAGI KAMI.
KOMENTAR TIDAK BERBAU SUKU, AGAMA & RAS