Friday, October 26, 2012

TOURING LINTAS KALIMANTAN HONDA CS1

Touring lintas Kalimantan? Terbayang pun tidak. Begitulah yang penulis pikirkan setelah menunggu cerita eksklusif dari Bro Wari Hcsti Chapter Sambas yang melakukan perjalanan pada Juni 2012 silam. "Tidak ada maksud sombong mas, saya hanya ingin bersilaturahmi dengan bikers dan Cysers pada khususnya". Berikut Catatan perjalanan Bro wari, Monggo disimak.

Silaturahmi borneo.

Perjalanan pertama bersama rekan yang hobi turing yaitu IMANK EDRONED (fb) yang biasa di panggil iman yang sudah pernah beberapa kali menjelajahi KAL-BAR, untuk menghadiri acara KENCAN BORNEO VI PALANGKARAYA Provinsi KAL-TENG pada tgl 23-24 juni-2012.

Di ajak oleh club ceper pontianak yaitu PMCC (Pontianak Motor Ceper Club) karena saat itu bertepatan dengan waktu yang saya tentukan untuk silaturahmi dengan saudara yang ada di Borneo, Terutama saudara HCST INDONESIA Cyborn (Cysers Borneo).

Kami berangkat pada hari selasa tanggal 19-06-2012 pukul 05.00 pagi, start dari kota PONTIANAK kebetulan kami bersama tamu dari pulau jawa yaitu Bro Fajar BCB (brotherhod comunity bekasi), vicky/china AAMC (alon-alon motor club) TANGERANG. Ada juga tamu dari KAL-SEL yaitu bro ENAL & PANJI dari club AMMPER ( Anak Martapura Modifikasi cePER ) KAL-SEL.

Dan perjalanan kami juga di bantu dari rekan" TTGB (Team Turing Gile Babi) West Borneo.

Dalam perjalanan kami dari pontianak kalbar menuju palangkaraya Kal-Teng, ada beberapa masalah yang kami alami bersama Yang mungkin sudah umum terjadi pada orang lain yang pernah turing jarak jauh.

Tapi motor yang saya tunggangi (Honda Cs1) hanya mengalami 1 masalah yaitu tali kopling putus, harap maklum sudah ga asli lagi sparepartnya. Tetapi saya rasa motor ini sangat tangguh karena tidak ada masalah di mesin dan lainnya. (ketangguhan CS1 sudah teruji kok mas)

Lanjut lagi perjalanan kami yang sangat menyenangkan & sedikit tegangnya pada malam hari yang melewati hutan kalimantan begitu luas nan indah. Memasuki pukul 18.00, hari pun sudah gelap, kami menempuh jalan yang bertanah kuning & bergelombang penuh dengan debu menutupi pandangan kami ke depan. Pukul 21.00 jalur yang kami lewati adalah jalur Loging, jalurnya truk proyek yang sangat berbahaya & menanjak tinggi sehingga motor yang saya kendarai hampir standing ke belakang. Teman dari ceperist motornya pun mengalami masalah pada saat itu karena tidak dapat menanjak ke atas.

Dan kami berhenti di tengah ketinggian bukit untuk membantu mendorong motor teman - teman yang masih di bawah dan secara bergantian mendorong. Tepat pukul 22.00 kami istrahat di tengah ketinggian gunung mengumpulkan tenaga, untuk kembali mendorong hingga ke titik puncak datar, yang di sabut Titik aman. (Mirip naik gunung yah!)

Melintasi Hutan Kalimantan

"Untuk mengisi bensin kami masing - masing membawa jerigen untuk menampung BBM, karena tidak adanya stasiun pengisian bahan bakar ditengah hutan. Bila pun ada yang menjual eceran harganya bisa menembus Rp.30.000/liter". (Ampun dah)

Pukul 23.00 Setelah kami berhasil melewatinya, kami pun melanjutkan perjalanan untuk mencari rumah warga (tempat istrahat), beruntung kami dapat menemukan rumah warga tersebut. Dan warganya pun sangat baik telah mau menampung kami untuk istrahat minum & makan. Kami pun mengobrol dengan 3 orang warga setempat, dan warga tersebut banyak menceritakan beberapa hal yang janggal pada jalur yang kami lewati yaitu jalur logging, hal tersebut seperti perampokan & penampakan!

Pada malam itu pukul 01.00 dini hari memasuki hari rabu kami mau melanjutkan perjalanan. Namun kami dilarang oleh warga tersebut dengan alasan keamanan & bahaya yang mungkin akan datang pada kami.

Kami pun memutuskan untuk istirahat di tempat warga tersebut hingga menjelang pukul 05.00 pagi kami melanjutkan perjalanan. Perbatasan KAL-BAR dan KAL-TENG pun terasa dekat (padahal masih 3-4jam).

Jalan pun masih belum begitu bagus dan masih berdebu pada musim kemarau, tapi kami bersyukur kepada Allah SWT. Cuaca pada saat itu cerah. Selang beberapa jam kami pun menemukan aspal yang tdak jauh lagi mendekati perbatasan +/- sekitar 2jam lagi.

Pukul 09.00 kami pun sampai di Perbatasan & merasa sedikit lega. kami istrahat & mengisi perut untuk sarapan pagi. Pukul 11.00 kami pun melanjutkan perjalanan menuju kota SAMPIT, Pukul 16.00 kami sampai di simpang 3 RUNTU , yang bila belok kanan ke arah PANGKALANBUN & belok kiri ke arah SAMPIT.

Kami istirahat lagi, menghajar habis - habisan makanan yg ada & mengisi amunisi motor (bensin) Pukul 17.30 kami melanjutkan perjalanan ke kota SAMPIT. Hari kamis Pukul 01.00 kami pun sampai di kota SAMPIT & Di Sambut oleh teman - teman Ceperist Sampit. Hari Jumat setelah shalat Jum'at kami melanjutkan perjalanan ke kota PALANGKARAYA berkonvoi bareng bersama saudara - saudara dari Ceperist Sampit.

Pukul 21.00 malam perjalanan kami di guyur hujan deras, sehingga kami berhenti sebentar untuk memasang Mantel / jas hujan, penerangan kami pun jadi terasa lebih redup karena hujan yang lebat & kami pun otomatis tidak bisa menaikan kecepatan.

Pukul 23.00 kami sampai di kota PALANGKARAYA & istirahat di tempat keluarga salah satu ceperist yang bersama kami. Istirahat untuk acara KENCAN (KENduri Ceper ANtik) BESOK... pagi hari pkl. 09.00 kami menuju lokasi acara. Yang di hadiri oleh berbagai club yang berasal dari luar provinsi dan juga ada yang dari luar pulau kalimantan.

Acara tersebut sangat meriah & banyak pemuda - pemudi suku dayak yang kreatif di bidang seni. Seperti modifikasi & seni musik. Acara pun berlangsung selama 2 hari, setelah acara selesai, sebelum pulang kami pun berkeliling - keliling di kota palangkaraya dan sekitar. Pukul 16.00 sehabis jalan - jalan kami pun istirahat sampai esok paginya.

Bro wari (Tengah) saat di Banjarmasin

Pukul 08.00 teman" ceperist pun pulang ke kalbar & kami melanjutkan perjalanan ke BANJARMASIN KAL-SEL kami pisah nya di kantor Gubernur provinsi KAL-TENG yang terletak di tengah kota Palangkaraya. Jam menunjukkan pukul 08.30 tertanggal 25-06-2012 kami pun melanjutkan perjalanan menuju kota banjarmasin yang dijuluki serambi mekah kalimantan.

Tidak kami duga ternyata jarak dari PALANGKARAYA ke BANJARMASIN itu hanya 200km. singkat cerita kami pun tiba di kota tujuan dan di sambut oleh klub motor yang tidak memandang perbedaan yaitu SABAC (Supra Banjarmasin Club) , BTC (Banjarmasin Thunder Club) , & HCST-I (Honda City Sport Team Indonesia) chapter Banjarmasin. Kami datang ke kota tujuan sekitar pukul 02.00 dan mereka pun tidak segan, langsung membawa kami ke warung Bu'lek yaitu warung dimana para bikers di singgah kan dan di isi amunisi perut nya.

Setelah itu kami pun di bawa ke Sekretariat SABAC & BTC di 1 sekretariat mereka gabung menjadi 1.

Kami pun saling bercerita, bercanda tawa di sekre tersebut bersama SABAC - BTC - & HCST. Bersambung...