Saturday, December 1, 2012

MUSIM HUJAN PERAWATAN MUSTI EKSTRA

Perawatan motor saat hujan
Musim hujan telah menderu di hampir seluruh wilayah tropis Indonesia, bagi anda bikers yang sayang kepada motornya. Pasti punya tindakan untuk melakukan perawatan ekstra pada tunggangan anda. Bila motor terkena air hujan dalam jangka waktu lama pasti akan menyebabkan karat pada bagian - bagian yang tidak terlapisi anti karat.

Ini akan membuat kita geram sendiri bila dibiarkan dalam waktu lama, bukan tidak mungkin tunggangan anda akan mengalami penurunan yang namanya "Value In Use" atau penurunan nilai jual. Dikarenakan bagian - bagian pada motor mengalami korosi atau kerusakan yang dapat diukur dari estimasi daya tahan penggunaan suku cadang tersebut.

agar lubang kunci selalu loncer
Bagian - bagian yang musti mendapatkan perawatan ekstra antara lain, Rantai, Lubang kunci, Baut - baut, seluruh bagian Body motor dan Sektor rem motor anda. Untuk membersihkan bagian rantai motor silahkan ikuti langkah berikut.

1. Bila rantai motor terlalu kotor, silahkan cuci atau bilas dengan air bersih.
2. Untuk debu - debu hitam yang menempel bisa dibersihkan dengan sikat gigi dan sabun colek. Jangan gunakan bensin karena dapat merusak seal - seal karet yang terintegrasi dengan rantai.
3. Sikat hingga bersih bagian atas, bawah, samping rantai, sambil diputar - putar rodanya. Ingat memutar rodanya kearah putaran belakang yah, agar tidak terjepit di gear bila diputar ke arah putaran depan. Bilas dengan air bersih.
4. Setelah kering, gunakan "Chain cleaner" untuk membersihkan sisa - sisa kotoran yang tertinggal saat langkah pertama dilakukan.
5. Bila sudah dirasa bersih, jangan disiram air untuk membesihkan kotorannya. cukup di lap menggunakan bahan yang tidak terpakai. Ulangi langkah No.4 bila masih dirasa kurang bersih.
6. Gunakan chain wax atau chain lube untuk melapisi serta melumasi rantai agar tidak berkarat saat terkena hujan lagi.

Untuk bagian Body motor, silahkan cuci motor terlebih dahulu. Bila perlu gunakan shampo khusus body motor agar hasil maksimal. Gunakan wax atau pengkilap body merek terkenal, agar melapisi cat body dan tidak mengikis cat body. Poles seluruh bagian body motor hingga mengkilap.

Pada bagian yang berkarat silahkan gunakan cairan penetrant penghilang karat, lalu sikat dengan sikat gigi atau gosok dengan bahan yang tidak terpakai. Bila perlu untuk baut - baut yang berkarat bisa direndam dengan bensin.

Pada sektor rem, bisa menggunakan cairan khusus pembersih rem atau "Brake Cleaner". Bagian yang dibersihkan umumnya disc atau piringan, piston, serta brake padnya. Jangan gunakan Chain Lube karena akan memnyebabkan rem blong.

Semoga Bermanfaat.

3 comments:

  1. mantap gan keep blogging,, kunjungan baliknya ditunggu,,
    http://rahasiaclickbankreview.vv.si

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan nih ada app buat nyari Duit $ online modal HP aja , lumayan bisa ditukerin sama GEMS COC , Google Play gift card, steam gift card , paypal, facebook giftcard, Xbox,PlaystationStore, Amazon dan ItunesGiftCard
      1. Download aplikasi Whaff Rewards di playstore
      2. Setelah ke intsall buka appnya
      3. Seteah di buka klik tombol login, login ajaa pake akun facebook kalian
      4. Abis itu ada kotak invitation code
      5. Masukan kode AW47917
      6. Setelah masukan kode diatas kalian bakal Dapet $0.3, lumayan kaan, kalian tinggal ngumpulin deh sampe 10$
      7. Cara ngumpulinnya gampang, tinggal invite orang lain atau download aplikasi yang ada di app tersebut
      8. Setiap download aplikasi kalian akan mendapat hadiah sebagai reward, hadiahnya bisa $0.17, $0.22 sampe $0.66
      9. Setiap hari kalian pun akan mendapat reward bila setelah di download aplikasi tersebut tidak di uninstall lagi lumayan kaan setiap hari Uang kalian bertambah hehehe
      10. Setelah terkumpul $10 baru deh kalian bisa tukerin ke voucher google play,
      11. Nah kalian bisa deh beli 1200 gem COC secara gratis, bisa buat builder, barbarian king, apa aja deh pokoknya lumayan gratiss...
      12. Atau kalian juga bisa tukerin sama Google Play gift card, steam gift card , paypal, facebook giftcard, Xbox,PlaystationStore, Amazon dan ItunesGiftCard

      Whaff rewards aplikasi resmi di app play store jd agan2 bisa percaya app itu bukan tipuan.
















































































































































      .

      Delete
  2. Gan ada motor yang gear nya bsa d pke k mtor cs1 juga g??? Coz gear nya lmyan langka d daerah saya (karawang). Mohon bantuan nya. Makasih salam satu hati.

    ReplyDelete

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA.
SARAN & PENDAPAT ANDA SANGAT BERHARGA BAGI KAMI.
KOMENTAR TIDAK BERBAU SUKU, AGAMA & RAS