Thursday, December 13, 2012

SOLUSI KARBURATOR VACUM TERSENDAT SAAT HUJAN

Artikel ini diambil pada postingan grup pengguna Honda Cs1. Artikel dibuat oleh bro Fredi Majalengka.

Per Vacum Karburator
Misi Um, ..
Janji saya buat share langkah ke-1 tips cs-1 tahan hujan. Tadinya mo diposting pas hari guru 25-11-12, tetapi karena satu dan lain hal jadinya baru bisa diposting sekarang 12-12-12.

Pengujian sudah dilakukan lebih dari 5 kali dengan hujan yang sangat lebat lebih dari 3 jam, bahkan mesin & busi saya semprot menggunakan air bertekanan, dan hasilnya mesin tetap menyala lancar. Walaupun di RPM rendah (2.000), kecepatan 20km/jam, hujan lebat dan melewati genangan air setinggi footstep, mesin tetap menyala lancar tidak ada matinya. Lucunya waktu uji coba malah menemukan motor - motor jenis lain pada mogok. CS-1 memang canggih..!

Ini, cara paling PRAKTIS paling GRATIS dan efektif buat menghilangkan gejala tersendat, batuk - batuk atau tiba - tiba mogok pada waktu hujan. Tak perlu ganti busi, tak perlu ganti cdi, tidak perlu ganti karbu dan yang pasti tak perlu ganti motor, hehehe...!

Caranya gampang banget,, PENDEKIN PER VACUM pada karburator, itu kuncinya.
Boleh lah para insinyur Jepang punya perhitungan, tapi kita para insinyur Indonesia pun punya perhitungan sendiri. Hehehe.

Analisa penulis : Menurut analisa saya, per original terlalu panjang sehingga ketika udara dingin si vacum sedikit tersendat, dan kerap membuat mesin mati mendadak. Tetapi kadang hidup lagi. Dengan dipendekin seperti ini, vacum nya akan lebih cepat terangkat tidak terlalu tertekan oleh per. Tapi jangan terlalu pendek, yang penting masih ada daya pegas untuk menurunkan si vacum ke posisi bawah.

Catatan : Biar tidak merubah parts asli, cara mendekinnya jangan dipotong. Cukup dililitkan saja atau diikat sehingga jadi pendek seperti pada gambar, itu tidak dipotong. Nah, fungsinya biar per tidak terlalu keras menekan vacum ke bawah. ini yang menyebabkan vacum berat atau telat terangkat, dan ini kerap terjadi saat hujan. Jika menggunakan cara seperti ini, vacum akan mudah terangkat dan cepat direspon dan tidak ada lagi yang namanya tersendat. Selamat mencoba. 100% tested.

Baca juga : Perawatan ekstra pada motor saat musim hujan.

11 comments:

  1. Numpang promosi gan... mau menawarkan pembuatan Jaket Motor Touring silahkan dilihat di http://www.miraclekonveksi.com/jaket/jaket-motor-touring/

    ReplyDelete
  2. wlaupun mtor berenti dan nyala , ttep ga mati ya ?

    ReplyDelete
  3. mau tanya gan karbulator yang cocok untuk cs1 pake apa ya..orisinil nya ane punya dah tdk tau kmna jdi dianggurin aja tuh cs nya n kira2 brpa kisaran harganya..tlng info ya Bro.tks

    ReplyDelete
  4. Bro, saya sudah ikuti petunjuk diatas, tapi CS1 saya saat lewati genang air setinggi lutut dewasa, mesin CS1 emang tidak mati tapi perfomance nya jadi hilang ( tidak bertenaga ) dan kondisi tidak bertenaga ini bisa berhari-hari baru bisa kembali kekondisi semula kecuali karbulatornya diservice (sevice ringan berkala), dan kecepatan maksimum hanya di 65-70 kpm doang.. ada solusi lain ga, bro?

    ReplyDelete
  5. nah, bro handy sutanto, punya ane juga begitu bro
    skrg ini malah mati total, stlh dibawa ke bengkel, katanya cdinya yg rusak
    nah, sodarasodara barangkali ada yg cdinya dijual bisa hubungi ane
    hehe
    athoullahmondir@yahoo.com
    tks bro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Info part kabel body Cs1 dmn ya gan..motor ane..kadang susah nyala,kata bengkel kabel bodynya harus diganti.klo ada dibantu infonya gan..trmksh.

      Delete
    2. menurut saya ga ada kaitan dengan kabel body om..motor tersendat hanya ada 3 hal.. 1.sistem bahan bakar 2.Tekanan kompresi rendah 3.Pengapiannya ada atau tidak.. hanya itu kok..

      Delete
  6. Gan per nya kira kira diikat berapa ulir y???mohon pencerahannya.....

    ReplyDelete
  7. saya punya amaslah dg cs 1 sya. Yang mana kalo dibawa ngebut sering brebet dan ad suara temabakan gitu dri knalpotnya... Krna kmrn matot n d bongkar ddealer n ganti pompa bensin dbwh tanki nya n t motor g nyala juga.. Trs g nyala jga akhirnya org dealemya nyabutin kabel choke nya. Skrg nyala.. Tapi klo rpm nya diatas 5000 nembak trs mati2.. N ngadat deh.. Klo mau aman, t motor cma bsa dpake dibawah 5000 rpm... Mohon pencerahannya agan2... Sya udh bingung mau di apain lagi t motor... Mau ganti karburator.. Takutnya nanti buang2 duit aja.. Mana duit jg ssh nyarinya.. Hehehe

    ReplyDelete
  8. Anonymous....klo knalpot nembak2 mah udah jelas setelan karburator angin sm bbm ga pas atau kurang langsam akibatnya brebet n nembak2 cb distel yg betul sm ahlinya kadang orang bengkel msh blajar2. Minta stell sm mekanik yg perpengalaman

    ReplyDelete

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA.
SARAN & PENDAPAT ANDA SANGAT BERHARGA BAGI KAMI.
KOMENTAR TIDAK BERBAU SUKU, AGAMA & RAS