Tuesday, May 8, 2012

SUBTITUSI GEARSET HONDA CS1

"Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi rantai dan gear motor, apalagi bila sudah lawas.
Lumasilah rantai dengan menggunakan pelumas khusus rantai. Jangan lumasi dengan oli bekas."

Subtitusi Gearset Pada Honda CS1
Subtitusi Gearset Pada Honda CS1
Gearset atau sprocket gear adalah salah satu bagian yang fatal dari sepeda motor. Ibarat dalam anatomi tubuh makhluk hidup, gearset sama dengan otot. Yang berfungsi sebagai penyalur efek gerak dari satu rangkaian gerak mekanis yang berasal dari putaran mesin motor. Nah bila spare part yang satu ini tidak berada dalam kondisi optimal, bisa dipastikan penyaluran energi dari mesin ke roda belakang pun tidak maksimal. Yang berakibat juga bbm lebih boros, top speed tidak bisa diraih, torsi motor lebih loyo.

Gearset Standar Honda CS1
Buat rekan - rekan cysers yang sulit mendapatkan sparepart asli yang satu ini, mungkin bisa mendapatkan solusi dengan melakukan subtitusi pada merek selain HGP (Honda Genuine Parts). Seperti yang terlihat pada gambar diatas (Silahkan klik gambar untuk memperbesar), (Kiri - Kanan) Gearset merek Indoparts, SSS dan Sinnob. Dari ketiga sparepart tersebut memiliki nilai positif dan kekurangan yang berbeda-beda. Berikut akan penulis jabarkan sedikit.

Indoparts : Harga, dari segi harga suku cadang milik pabrikan asli indonesia ini terbilang cukup murah. Hanya Rp.145.000 - Rp.160.000 / set. Kualitas, cukup lumayan namun menurut penulis tetap di bawah kualitas dari gear set standarnya.


Gear Depan GL NeoTech
SSS :  Kata banyak penjual, merk dagang dari negeri gajah putih ini. Memang mementingkan kualitas spare part yang dipasarkannya. Harga, Untuk rear gear SSS memiliki banyak ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita, dari mata 38 - 44. Umumnya penjual melabelkan harga berbeda untuk setiap ukuran gear dengan mata berbeda, mulai dari Rp. 65.000 hingga Rp. 100.000. Untuk harga rantainya sendiri SSS memiliki ukuran dan kualitas yang berbeda mulai dari Rp. 145.000 hingga Rp. 210.000. Kualitas, lebih dari 1,5 tahun di gunakan pada Honda cs1 milik salah satu anggota Hcst, gear SSS ini di akui sangat bagus. Terbukti dari masih tumpulnya semua mata gear, padahal power yang digunakan oleh Honda CS1 tersebut telah mengalami perombakan yang signifikan.

Sinnob : Produk dengan tekhnologi polyurethane asal amerika ini, banyak terpilih sebagai subtitusi Gear Set untuk Honda Cs1. Karena dengan data tertulis dari hasil riset sinnob menyimpulkan dapat menambah akslerasi pada motor, tidak mudah panas dan minim getaran. Ukuran untuk sinnob 14-40 dan 14-43. Harga, Dengan tekhnologi yang terdapat pada spare part yang satu ini, harganya cukup lumayan berkisar kurang lebih Rp. 350.000 / set. Kualitas, Menurut sudut pandang penulis Gear set sinnob ini cukup bagus, namun agak sulit mencarinya dipasaran.
Gear set berbahan Duralumin

Daytona : Dari hasil menjelajah di internet, penulis menemukan gear set yang satu ini. Dari segi bahan material, gear set yang satu ini pastinya adalah yang terbaik dari semua gear set yang tertulis diatas. Duralumin sebagai bahan materialnya memiliki kelebihan alami yaitu, tahan korosi, tidak mudah panas, ringan namun kekuatan cukup tinggi. Harga, dari yang tertulis di web penjual gear set yang satu ini bisa ditebus dengan harga Rp. 655.000. Dengan pilihan Gear belakang dari 40T - 43T. Kualitas, paduan dari alumunium, tembaga, magnesium dan mangan yang membentuk logam duralumin ini pastinya memiliki kelebihan yang memang menjadi sifat alami dari logam tersebut.

Nah untuk gear depan, bila mencari untuk Honda Cs1, terkadang penjual akan bingung. Maklumlah, motor langka. Jadi Bro bisa gunakan Gear depan untuk Honda GL NeoTech, biasanya ada untuk ukuran 14T dan 15T. Harganya +/- Rp. 20.000. Silahkan deh pilih yang sesuai dengan kebutuhan Brother.

Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi rantai dan gear motor, apalagi bila sudah lawas. Lumasilah rantai dengan menggunakan pelumas khusus rantai. Jangan lumasi dengan oli bekas.

Standar Gear Set Honda CS1 428, 14T-42.
Pemesanan Sinnob Gear klik disini.

Semoga Bermanfaat.

17 comments:

  1. BOS MHN PENCERAHAN DIMANA BISA DAPATKAN BODY SET CS1????KRN UDH PESAN DI DEALER RESMI SAMPAI 4 BLN KGK PERNAH NONGOL....GMN NIH AHM?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari sama bro angga badai lokasi d cawang dia buka service n kursus husus cs1 part ori pasti ready copotan

      Delete
    2. cawangnya mana gan?
      minta alamat/kontaknya biar ane bisa langsung meluncur gan.

      Delete
  2. Mau tanya bro. Cs1ku uda waktunya ganti gear. Nah waktu tanya kmana mana seringnya jawab gak tau. Pernah sih disodori gearset supra fit ukuran 14:35, itu bisa cocok gak ya bro? Soalnya ane takut keliru malah cs1ku gak bisa di ajak ngejar vixion. Trims

    ReplyDelete
  3. @Bro Saminos : Searching ajah grup Cysers Solution di FB, atau klik ajah link yang ada di bagian bawah blog ini. tanya ajah di grup itu. gak usah kecil hati, karena AHM mengutamakan yang fast moving.

    @tanpa nama : Beli ajah yang orisinil kalau gitu bro.

    ReplyDelete
  4. gan naya?
    knp motr ane tarikan ya klepek2 y.... lo oli ane dah lebh 2 buln...
    tapi lo baru ganti enak tarikan nya gan?
    pertama ane pake oli top1.
    trua ganti enduro eh kok mah mlempen y gan....

    ReplyDelete
  5. assalamualikum,gan klo cs1 pngen modif pke stang jepit,cocokny pke stang ap ya??trus klo psng stang jepit ad yg hrus d korbanin ga,d banding stang standar??trima kasih,wsalaam

    ReplyDelete
  6. Salam. G pecinta berat cs1 pertama beli g ampe dorong ke kamar biar BS liatin cs1 g terus,. Akhir2 Ini cinta it mulai pudar krna bnyk ski mslh cs1. Salah satu nya rantai cpt Kendor , klo mesin ud pns 3 bar hilang da tuh tenaga, hrus pk pertomax trus, pernah ski ganti premuim lngsg keok.

    ReplyDelete
  7. Moon pencerahan gan..bgmn kit a menghadapi teman yg suka menyindir ato yg sekedar nanya kenapa loe bl cs1 Napa GA beli satria a to v-xion ..trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bilang aja ke dia, kok kamu beli Satria/Vixion gak beli Honda Jazz?

      Delete
  8. Mau nanya gan kalo untuk gir belakang cs one cocok nya apaan?

    ReplyDelete
  9. Thanks admin..sekarang pake gear set sinnob dapet info dari sini..cesy makin yahud di tarik dan gak berisik lagi

    ReplyDelete
  10. Mohon pencerahan para suhu,cs 1 ane udah ganti aki koq tetep stater ama klaksonya keok ya??? Mohon perunjuknya ya para suhu, trims

    ReplyDelete
  11. Mohon pencerahan para suhu,cs 1 ane udah ganti aki koq tetep stater ama klaksonya keok ya??? Mohon perunjuknya ya para suhu, trims

    ReplyDelete
  12. Butub masukan nih soal cs1
    Kondisi motor ane ban belakng ukuran 100/80 dan monoshock tinggi 30 , kendala bantalan karet bannya cepat pecah kalo mai diakalin diukuran gear kira2 cocok diganti dengan ukuran berapa ya

    ReplyDelete
  13. DIDEALER KAMI BANYAK GEAR SET CS1 (KWC) LOKASI KATINGAN-KALTENG.BISA KONTAK NO WA 082358104718

    ReplyDelete
  14. Gan,mau nanya dong, saya gnti sprocket belakang cs1 pke 428 44T..bisa ga? Ada Efek samping ga?

    ReplyDelete

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA.
SARAN & PENDAPAT ANDA SANGAT BERHARGA BAGI KAMI.
KOMENTAR TIDAK BERBAU SUKU, AGAMA & RAS