Sunday, August 12, 2012

PERSIAPAN MUDIK MOTOR 2012

Buat brother & sister yang hobi naik motor jarak jauh, pastinya kesempatan mudik kali ini tidak akan di lewatkan dengan bersantai. Disamping menjadi saat saat sakral untuk bersilaturahmi bareng keluarga, banyak yang memanfaatkan waktu ini untuk bertamasya dan terkadang ajang bisnis pula. Jadi banyak masyarakat kita yang benar benar mempersiapkan segalanya untuk melewati idul fitri 1433H saat ini.

Jangan membawa beban berlebih pada motor
Motor. Persiapan paling utama ada dikendaraan yang akan kita kendarai nantinya, karena motor kita nantinya akan menjadi teman sepanjang perjalanan kemanapun kita mau. Bila kita tidak ingin mendapatkan masalah dalam perjalanan nanti, ada baiknya kita melakukan service sebelum melakukan mudik.

Servicelah motor anda dibengkel resmi pabrikan, karena dengan service di bengkel resmi cek poin pengerjaannya lebih banyak dan mekaniknya telah memiliki pengetahuan dasar dari motor kita. Ban, mesin, busi, rantai, karburator dan lainnya adalah hal paling penting dalam proses tune up motor.

Badan. Sebelum melakukan perjalanan jauh, ada baiknya kita istirahat yang cukup. Jangan memaksakan untuk berada diatas motor lebih lama bila persiapan yang satu ini tidak maksimal. Bro & Sist sendiri adalah indikator bagi keadaan vitalitas badan. Bila capai, istirahatlah. Bila mengantuk, menepilah untuk istirahat. Jangan memaksakan keadaan walaupun jarak sudah dekat. Karena beresiko bagi kita dan pengguna jalan lainnya.

Untuk perlengkapan berkendara, pastikan anda menggunakan peranti keselamatan yang tepat. Seperti, Helm Fullface, Masker, Jaket motor, Sarung tangan, Celana panjang, Sepatu diatas mata kaki, Knee & elbow protector. Dengan peranti yang tersebut dialinea atas, bukan jaminan untuk keamanan kita dijalan. Tetapi untuk meminimalisir bila terjadi hal - hal yang tidak diinginkan. Serta untuk menjaga vitalitas badan dari terpaan cuaca selama perjalanan.

Informasi. Era digital banyak bermanfaat bagi para pemudik pada khususnya informasi tentang jalan. Jalur tercepat, keadaan, cuaca, bisa didapatkan dengan mudah melalui banyak perangkat digital misalkan PDA, BB atau Smartphone. Kemacetan yang terjadi dibanyak titik rawan persimpangan jalan bisa dipantau dengan berbagai aplikasi pada gadget. Peta atau biasa digunakan GPS juga sangat penting dalam memandu kita diperjalanan.

"Lebih baik pakai aplikasi map digital ini mas, dari pada kita bertanya - tanya yang terkadang menyesatkan" tukas bro nur yang sedang mempersiapkan mudik ke 4 kalinya ke jogjakarta.

Jangan lupa berdoa sebelum melakukan perjalanan, 
semoga mudik tahun ini membawa kebaikan bagi semua. Amien.

No comments:

Post a Comment

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA.
SARAN & PENDAPAT ANDA SANGAT BERHARGA BAGI KAMI.
KOMENTAR TIDAK BERBAU SUKU, AGAMA & RAS