Tuesday, November 1, 2011

HONDA BIKERS DAY - HONDA BROMO DAY

Honda CS1 di gunung bromo

HBD Atau "Honda Bikers Day" tahun ini memang dijadwalkan akan diselenggarakan di kawasan cagar alam dan  budaya "Gunung Bromo". Mungkin bagi anda yang tinggal di sebelah timur pulau jawa sudah tidak asing lagi dengan tujuan eksotis wisata alam yang satu ini. Gunung bromo sendiri menurut catatan sejarah berasal dari kata "brahma" dengan arti kata dalam bahasa indonesia berarti "Sang Pencipta".

Wisata alam gunung bromo termasuk dalam jajaran teratas lokasi eksotis untuk menyaksikan prosesi "sang surya terbit". Banyak dari komunitas pecinta alam, fotografer profesional sampai komunitas backpacker indonesia telah banyak menyarankan gunung bromo sebagai tempat yang indah untuk mengabadikan moment spektakuler bersama cahaya pagi sang surya.

Terlepas dari sedikit kemegahan gunung bromo, komunitas otomotif roda dua juga banyak menjadikan gunung ini sebagai tempat tujuan mencari sensasi multi klimaks. Mulai dari jarak tempuh yang jauh, medan yang sulit, hingga cuaca yang sangat dingin. Hal ini pula yang menjadikan event Honda Bikers Day tahun ini akan diselenggarakan di gunung yang memiliki ketinggian 2.392 Mdpl ini.

Hormati Gunung bromo sebagai tempat suci
Suku tengger yang sudah menempati alam gunung bromo ini meyakini bahwa gunung ini adalah tempat suci bersemayamnya dewa bromo atau brahma. Dewa brahma yang diyakini oleh masyarakat sekitar bromo memiliki wajah diempat penjuru ini, adalah dewa tertinggi menurut ajaran agama hindu. Suku tengger sendiri memiliki ritual tahunan yang sudah dimulai berabad abad yang lalu, saat masa pemerintahan dinasti brawijaya.

Umumnya masyarakat lokal tengger meyakini bahwa mereka adalah para keturunan roro anTENG dan joko SeGER dari masa kerajaan majapahit. Dari gabungan dua kata itulah sampai saat ini suku asli gunung bromo menyebut dirinya dengan "suku tengger".

Kasada atau kesodo atau purnama kesadha adalah proses ritual yang selalu dilakukan setiap hari ke 14 di bulan kasada oleh masyarkat yang mendiami gunung yang masih berstatus aktif itu. Ritual ini bertujuan agar suku ini selalu diberikan hasil bumi yang banyak, diberikan kehidupan yang tentram, damai dan sejahtera oleh sang hyang widi (tuhan).


sumber gambar Otomotifnet.com





Mengapa Honda Bikers Day di Bromo
Menelaah ke catatan sejarah, bromo yang memang menjadi salah satu tempat tujuan wisata andalan provinsi jawa timur ini, memiliki alam yang masih asri dan selalu terjaga keindahannya. Memang dimana alam yang masih asri ini selalu menjadi magnet besar saat orang mendengar nama gunung yang masih berstatus aktif ini. Semoga keindahan dari sang maha pencipta ini selalu bisa dinikmati hingga anak cucu kita.

Launching Honda New Megapro (150cc) Agustus tahun lalu juga berlangsung dengan titik point terakhir di bromo, ini pun dengan catatan persiapan panitia membutuhkan waktu lebih kurang 3 bulan untuk bisa melangsungkan kegiatan ini. Bila memang HBD benar-benar akan diselenggarakan di gunung yang memiliki "lahan parkir" 10 kilometer persegi ini, anda pastinya tidak bisa membayangkan berapa jumlah motor yang akan hadir di hajatan AHM ini.

Honda Bikers Day pertama di pangandaran, HBD kedua di jatinangor sumedang. Kedua wilayah itu termasuk dalam kawasan administratif provinsi jawa barat, hal ini pula yang mungkin dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih gunung bromo sebagai pilihan pagelaran kegiatan nasional AHM untuk Bikers Honda ini.

Event yang gosipnya akan digelar di Tanggal 17-18 Desember 2011 ini sudah banyak menjadi bahan perbincangan para riders penggila turing yang khususnya anggota klub motor Honda. Turing kolosal ini juga banyak menyita perhatian bikers sebagai salah satu pilihan turing di penghujung tahun 2011 ini. Apalagi bila nantinya konsep acara di gunung yang bisa bersuhu sampai 3º - 20º celcius ini sangat berbeda dan istimewa.

Dari catatan HBD 2010 di Kiara payung saja, tercatat 6.000 motor yang hadir. Itu pun tidak semua bisa merapatkan barisan ke lahan utama parkir tulisan One Heart itu, karena lahan yang basah setelah diguyur hujan dan kontur tanah yang tidak rata. Mudah-mudahan di kegiatan kolosal Honda Bikers Day tahun ini, semua bisa berjalan lancar dan tanpa disertai halangan satu apapun. Amien.

Salam One Heart

3 comments:

  1. Mantaaaaaf !!!

    Mari Kita jadikan Gunung Bromo menjadi Lautan HONDA

    ReplyDelete
  2. kami ANATOR PROBOLINGGO siap mrmaikn HBD taon ne.....

    ReplyDelete

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA.
SARAN & PENDAPAT ANDA SANGAT BERHARGA BAGI KAMI.
KOMENTAR TIDAK BERBAU SUKU, AGAMA & RAS